Biro Psikologi Profesional di Jakarta Terima Psikotes Massal
SHARE :

Psikotes untuk Teman Tuli Kini Tersedia di Solutiva

20
01/2024
Kategori : Berita Solutiva

Author : Solutiva Consulting


Psikotes untuk Teman Tuli Kini Tersedia di Solutiva

Teman Tuli atau Tunarungu merupakan orang yang tidak bisa mendengar dari sejak lahir, dan orang yang mengalami tunarungu lebih suka dipanggil “Teman Tuli”.

Menurut KBBI tunarungu adalah rusak pendengaran, sedangkan tuli adalah tidak bisa mendengar sehingga dibantu dengan menggunakan bahasa isyarat.

Pada tahun 2015 jumlah penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 22,97 juta jiwa atau sekitar 8,5% dari jumlah penduduk Indonesia. Data dari BPS Jakarta 3,35% dari penyandang disabilitas merupakan disabilitas tuli.

Mendukung program pemerintah untuk memastikan penyandang disabilitas menjadi kelompok yang tidak ditinggalkan dalam pembangunan, biro psikologi PT Solutiva Consulting Indonesia kini menyediakan layanan baru berupa psikotes untuk Teman Tuli.

1. Tes IQ untuk Teman Tuli

Untuk tes IQ bagi teman tuli, Solutiva memiliki tes SON (Snijders Oomen Non-Verbal Scale) untuk usia 2 tahun 6 bulan hingga 40 tahun yang dikembangkan oleh Nan SnijdersOomen merupakan tes kecerdasan non-lingualisme yang ditujukan untuk mengukur kecerdasan anak tuli dan anak dengan masalah di bidang bahasa, perkembangan bicara, dan komunikasi.

Selain tes SON, Solutiva juga memiliki tes CFIT skala 2 (untuk usia 8-13 tahun) dan skala 3 untuk usia 13 tahun ke atas, Tes TIKI serta tes IST.

Tes CFIT merupakan tes nonverbal, sedangkan tes IST merupakan tes IQ yang mengukur kecerdasan secara spesifik (verbal, non-verbal, hitungan dan daya ingat).

Tes TIKI juga merupakan tes untuk mengukur kecerdasan spesifik di bidang bahasa, hitungan, dan gambar abstrak.

Tes TIKI terdiri dari tiga kelompok, TIKI D untuk anak sekolah dasar hingga kelas II SMP, TIKI M untuk anak siswa kelas III SMP hingga SMA, dan TIKI T untuk mahasiswa dan dewasa.

2. Tes untuk Keperluan Pekerjaan

Tes untuk keperluan pekerjaan bagi teman tuli tidak berbeda dengan tes yang diberikan pada orang tanpa disabilitas.

Tes dengan tujuan keperluan pekerjaan biasanya mencakup Tes IQ, tes Sikap kerja dan tes Kepribadian. Untuk mengukur kecerdasan menggunakan tes IST, TIKI, atau Tes CFIT.

Tes sikap kerja diukur dengan tes Kraepelin, DISC, Papikostick. Sedangkan tes kepribadian menggunakan tes DAP, Baum, Wartegg dan Tes MBTI.

3. Tes Bakat Minat untuk Teman Tuli

Tes bakat minat bagi teman tuli juga tidak berbeda dengan tes yang diberikan pada orang tanpa disabilitas.

Tes Kecerdasan menggunakan Tes IST, CFIT, atau tes TIKI sesuai usia atau pendidikan peserta tes. Tes Bakat menggunakan Tes GATB.

Tes sikap belajar menggunakan Tes Kraepelin. Solutiva juga mengukur gaya belajar serta minat melalui tes RIMB atau Holland.

Hubungi Solutiva Consulting

Selama pengerjakan tes, instruksi di buku dapat dibaca sendiri oleh teman tuli tetapi dibantu dengan melihat gerak bibir dari tester serta Bisindo oleh tester Solutiva.

Silahkan hubungi kami, dengan senang hati kami akan bantu sepenuh hati:

Lihat yang lain:

14
06/2024
Lembaga Psikotes Terpercaya di Indonesia
Author : Solutiva Consulting
20
01/2024
26
10/2023
Tes Kesiapan Sekolah Masuk SD
Author : Solutiva Consulting
8
08/2020
Psikotes Seleksi Guru dan Dosen
Author : Solutiva Consulting