Biro Psikologi Profesional di Jakarta Terima Psikotes Massal
SHARE :

Pengertian serta Manfaat Tes Minat Bakat dan Penjurusan

20
10/2023
Kategori : Psikologi

Author : Solutiva Consulting


Pengertian serta Manfaat Tes Minat Bakat dan Penjurusan

Pengertian Tes Minat Bakat – Tes Minat Bakat dan Penjurusan merupakan tes yang diberikan pada siswa untuk mengetahui potensi, bakat, dan minat siswa dengan tujuan agar siswa memperoleh informasi yang lengkap dan jelas tentang berbagai kemungkinan pilihan yang ada bagi kelanjutan pendidikannya.

Tes minat bertujuan untuk mengukur minat siswa berdasarkan sikapnya terhadap suatu jenis bidang atau pekerjaan, sedangkan tes bakat bertujuan untuk mengetahui bakat yang dimiliki siswa sehingga akan lebih mudah memahami potensi yang ada serta dapat membantu memprediksi kemungkinan kesuksesan atau kegagalan siswa dalam bidang tertentu di masa depan berdasarkan potensi yang dimiliki.

Dengan mengikuti tes ini, siswa dapat memilih dengan tepat jenis sekolah atau program pengajaran khusus, maupun pogram studi yang sesuai dengan kemampuan dasar umum (kecerdasan), bakat, minat, sikap belajar, dan kepribadian yang dapat memengaruhi kelanjutan pendidikannya.

Adapun alat tes yang biasa digunakan diantaranya adalah:

1. Intelligenz Struktur Test (IST)

Tes IST merupakan salah satu tes untuk mengukur inteligensi. Selain mengukur inteligensi secara umum, IST juga mengukur aspek-aspek kemampuan secara khusus (kemampuan verbal, berhitung, kreatifitas, memori, daya bayang ruang, dll). Tujuan dari tes IST ini juga untuk mengetahui pola kecerdasan individu secara umum, sehingga individu dapat memahami dirinya dan dapat mengembangkan pribadinya.

2. Kraepelin

Tes Kraepelin merupakah salah satu tes bakat, tes sikap kerja, dan tes kepribadian untuk menentukan tipe performance individu. Tes ini disediakan dalam bentuk angka – angka sederhana dengan adanya aturan dalam cara pengerjaannya. Tes ini bertujuan untuk pengukuran terhadap aspek kecepatan kerja, ketelitian kerja, keajegan kerja, dan ketahanan kerja.

3. Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)

Tes EPPS merupakan salah satu tes kepribadian yang bersifat tes verbal. Tes ini bertujuan untuk mengungkapkan needs manusia yang berguna dalam menentukan Educative Guidance (membantu dalam hal menemukan cara belajar yang tepat, mengatasi kesukaran dalam belajar, dan juga memilih jenis atau jurusan sekolah lanjutan yang sesuai),  dan Vocational Guidance (untuk membantu dalam menyelesaikan masalah karir sehingga dapat menyesuaikan diri dengan baik, baik pada waktu itu maupun pada masa yang akan datang), serta mengidentifikasi Personal Problem, sehingga dapat memahami alasan perilaku.

4. Grafis

Tes grafis merupakan tes non verbal, yang diantaranya adalah tes wartegg, tes pohon (BAUM), dan Draw a Person (DAP). Tes ini digunakan untuk menggali aspek kepribadian dan psikologis individu berdasarkan gambar yang disajikan.

5. Tes VAK (Visual, Auditori, Kinestetik)

Tes VAK bertujuan untuk mengetahui gaya belajar pada setiap individu. Dengan tes ini, dapat mempermudah inidividu dalam proses belajarnya karena sudah mengetahui gaya belajar yang tepat untuk dirinya.

6. Tes Holland

Tes Holland merupakan salah satu tes minat yang bertujuan untuk melihat arah minat pada bidang pekerjaan setiap individu. Dengan tes ini siswa dapat memiliki gambaran untuk penyesuaian jenjang karir yang akan dipilih berdasarkan potensi, minat dan bakatnya.

Sasaran tes minat bakat dan penjurusan adalah untuk anak SMP, SMA, dan Mahasiswa.

Manfaat Tes Minat Bakat dalam Menentukan Program Studi

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan tes Minat Bakat dan Penjurusan, bukan hanya untuk menentukan jurusan di sekolah maupun kampus, tetapi juga bisa untuk menentukan pekerjaan yang sesuai dengan kita.

1. Membantu memahami dan mengenal diri sendiri

Individu dapat lebih mengetahui hal yang menarik bagi dirinya, keunggulan serta hal yang perlu ditingkatkan, terutama yang berkaitan dalam meraih prestasi sekolah dengan bakat dan minat yang dimiliki.

2. Lebih mudah memahami potensi dan minat yang ia miliki pada suatu bidang kerja

Dapat membantu kemungkinan kesuksesan atau kegagalan dalam bidang tertentu berdasarkan potensi serta minat yang dimiliki oleh individu.

Tes Minat Bakat di Biro Psikologi Solutiva Consulting

Demikian pengertian tes minat bakat dan penjurusan beserta manfaatnya, Biro Psikologi PT Solutiva Consulting Indonesia sudah berpengalaman melakukan tes minat bakat serta tes pemilihan jurusan kepada ribuan orang, baik itu individual maupun massal (klasikal).

Jika tertarik menggunakan jasa PT Solutiva Consulting Indonesia, baik itu Psikotes, Rekrutmen/Seleksi, Assessment Center, Training, Konseling, dan lainnya, silahkan hubungi kami di kontak:

Lihat yang lain:

19
06/2024
20
01/2024
16
06/2024
6
04/2021
31
10/2023