Biro Psikologi Profesional di Jakarta Terima Psikotes Massal
SHARE :

Metode Assessment Center yang Biasa Digunakan

25
10/2023
Kategori : Berita Solutiva

Author : Solutiva Consulting


Metode Assessment Center yang Biasa Digunakan

Metode Assessment Center – Assessment Center merupakan proses melakukan penilaian, evaluasi serta pengambilan keputusan yang didasarkan pada aspek-aspek yang diukur dengan mengintegrasikan berbagai metode dan alat yang telah distandarisasi untuk mencapai tujuan tertentu.

Assessment Center juga dapat berarti evaluasi perilaku individu yang terintegrasi dengan menggunakan berbagai teknik.

Teknik-teknik tersebut dirancang untuk mengukur potensi maupun kompetensi yang dibutuhkan individu untuk dapat berhasil dalam pekerjaan.

Alasan mengapa Assessment Center dibutuhkan:

  1. Aptitude, Knowledge, bahkan Personality Test dirasa kurang dapat memprediksi kesuksesan.
  2. Sering terjadi bias.
  3. Mengupayakan untuk mendapat contoh perilaku dari karakteristik mendasar yang menentukan kesuksesan seseorang.
  4. Dipercaya merupakan metode yang praktis, konsisten, serta legal, karena akurat, adil dan setara.

Metode Assessment Center Solutiva

Assessment Center di Biro Psikologi PT Solutiva Consulting Indonesia bisa disesuaikan dengan kebutuhan klien, dapat dipertanggungjawabkan, tidak dapat dipengaruhi (independen) serta hasilnya dapat diandalkan.

Berikut ini beberapa metode yang diterapkan dalam Assessment Center Solutiva Consulting, kami juga bisa menyesuaikan metode sesuai kebutuhan klien.

1. Wawancara Terstruktur

Metode ini dilakukan dengan menggunakan panduan wawancara terstruktur yang telah disusun berbasis kompetensi yang ditargetkan. Terdapat sejumlah aturan yang mengikat dalam pelaksanaan menggunakan metode wawancara terstruktur.

Hal-hal yang ingin digali melalui metode ini memiliki fokus pada upaya untuk mendapatkan informasi terkait perilaku asesi (individu yang menjalankan asesmen).

2. Simulasi Interaksi (Role play)

Pada metode ini data yang dikumpulkan berupa reaksi yang muncul dari asesi terhadap situasi interaksi tertentu. Situasi dipilih menyesuaikan dengan jenis pekerjaan asesi.

Pada saat simulasi berlangsung, roleplayer akan memberikan informasi tambahan, sebagai upaya agar asesi memiliki kesempatan untuk menampilkan perilaku tertentu.

3. Simulasi Tugas Berpikir (in-basket, Business Strategic Plan, Problem Analysis, Presentation, Leaderless Group Discussion)

Metode ini digunakan dengan tujuan agar asesi dapat memvisualisasikan proses berpikir yang dialami. Sama seperti metode Simulasi Interaksi, pada metode ini asesi juga akan dihadapkan pada sejumlah situasi yang akan disesuaikan dengan jenis pekerjaan mereka.

Perbedaan simulasi ini dengan Simulasi Interaksi adalah, pada metode ini tidak ada informasi tambahan yang diberikan kepada asesi ketika proses simulasi sudah berlangsung sampai dengan berakhir.

4. 360 Degree Questionnaire

Penilaian terkait kompetensi bisa muncul dari orang-orang yang kerap bekerja dengan asesi. Oleh karena itu, metode ini digunakan sebagai upaya untuk dapat menjaring pendapat dari orang-orang di sekitar asesi, berkaitan dengan perilaku tertentu dari asesi.

Orang-orang tersebut bisa merupakan atasan, teman kerja (support unit atau next process), bawahan, customer (eksternal), dan rekanan (supplier, vendor, konsultan) asesi. Namun, yang perlu diperhatikan adalah syarat dari orang tersebut dapat terlibat dalam metode ini adalah mengenal dan bekerja sama dengan asesi selama minimal 6 (enam) bulan.

5. Psychotest

Metode ini menggunakan beberapa instrumen psikologis yang berfungsi untuk mengukur sejumlah aspek, diantaranya yaitu emosi, motivasi, hubungan interpersonal, sikap kerja, hingga kepribadian individu.

Aspek-aspek yang akan diukur ditentukan berdasarkan kebutuhan dari kompetensi yang ditargetkan. Pada umumnya, tes psikologi ini dapat diberikan dalam bentuk tes tertulis (paper and pencil test) atau menggunakan perangkat komputer. Terkait pemberiannya, metode ini umumnya dapat diberikan baik secara berkelompok maupun individu.

Solutiva Consulting juga bisa menyediakan layanan Assessment Center dengan kompetensi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Output laporan hasil assessment juga bisa kami sesuaikan dengan format yang diinginkan klien.

Jika perusahaan Anda membutuhkan jasa Assessment Center (bisa Online dan Offline) yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan klien, dapat dipertanggungjawabkan, tidak dapat dipengaruhi (independen) serta hasilnya dapat diandalkan, silahkan hubungi kami:

Lihat yang lain:

25
10/2023
21
01/2024
22
10/2020
10
10/2023
9
01/2020